Dedicate Yourself and You Can Find Yourself

Muammar Fauzi Rahman

Jl. R.A Kosasih Ngaweng Rt 03/18
0896 555 87 234

fauzi.muammar@gmail.com

.:SELAMAT DATANG

Terima kasih anda telah mengunjungi website pribadi saya.

Dalam web ini akan dijadikan sebagai sarana mencari informasi, tips dan trik, serta ruang bagi saya untuk berbagi pengalaman.

Tips-tips Agar Mudah Bangun Shalat Subuh

24/11/2012 15:40
 

Kali ini aku mau share tips-tips agar rajin bangun shalat subuh. Hmm.... memang ya kebanyakan muslim cuma shalat 4 waktu dikarenakan susahnya bagun untuk shalat subuh, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:
"Sesunguhnya shalat yang paling berat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya' dan shalat subuh, kalau sekiranya mereka mengetahui apa yang terdapat di dalamnya, niscaya mereka akan mendatangi keduanya meski dengan terjatuh, dan sungguh aku telah berhasrat untuk memerintahkan seseorang agar mendirikan shalat, kemudian aku meminta seseorang agar menjadi imam, lalu aku pergi bersama orang-orang membawa kayu bakar kepada kau yang tidak hadir shalat, lalu aku bakar mereka dengan rumah-rumah mereka dengan api" (HR. Bukhari Muslim)

Nah sekarang mari kita baca tips-tips dibawah ini:

1. Bertaqwa kepada Allah SWT, orang yang bertaqwa akan senantiasa mengingat shalatnya bahkan merasa rugi jika ada shalat yang ia tinggalkan. Dengan begitu akan memudahkan kita untuk bangun shalat subuh. Kuncinya ingat mati dech *heheheh*, orang yang selalu mengingat matinya, sadar akan ajal yang selalu mengintainya, dan sadar bahwa di dunia bukan tempat terakhir kita dan bukan tujuan kita, selalu ingat akhiratnya maka tentu itu akan membantu kita mempersiapkan bekal untuk perjalanan nun jauh. Jangankan shalat subuh ibadah-ibadah yang lain membuat kita ikhlas untuk menjalankannya karena kecintaan kita pada-Nya. Ingat jangan jadikan shalat sebagai kewajiban tapi jadikan sebagai kebutuhan dengan begitu kita akan ikhlas menjalankannya.

2. Jangan tidur tengah malam apalagi bagi orang-orang yang tidak bisa bangun pagi karena begadang. Kecuali kalau memang bisa bangun pagi meskipun tidurnya larut malam ya silahkan. hanya jangan biasakan ujung-ujungnya penyakit. Ini juga menjadi kebiasaan sudah bangun subuh tapi tidur lagi gara-gara ulur-ulur waktu "Argh masih ada waktu 15 menit sebelum adzan, masih lama" kata-kata ini sering jadi penyebab meninggalkan shalat karena gara-gara ulur-ulur waktu akhirnya ketinggalan. Waktu itu sangat mahal, coba bayangkan waktu yang dilewatkan 10 menit yang lalu tidak mungkin datang kembali meski dengan cara apapun.
"Syaitan memasang tiga ikatan dikepala kalian ketika kalian tidur jika kamu bangun dari tidurmu berdzikirlah kepada Allah maka terbuka ikatan yang pertama. Apabila berwudhu maka terbuka ikatan yang kedua, dan apabila sholat maka terbukalah ikatan ketiga dan jadilah dia rajin dan berprilaku baik jika sebaliknya seseorang akan berprilaku jahat".

3. Pasang alarm, bukan alarm kebakaran heheheh, disetiap handphone pasti punya alarm nah gunakan itu untuk membangunkan, setting volume alarmnya dengan full volume dan aktifkan getarnya. Jagan pasang lagu yang melow ntar malah keenakan tidur, saran saya nada alarmnya suara adzan insyaallah pasti bangun karena seperti itu yang saya terapkan.

4. Jika terpaksa begadang karena sesuatu hal yang sangat urgent dan memungkinkan kesusahan untuk bangun maka silahkan rubah posisi tidurnya maksudnya jika terbiasa tidur di kasur empuk ganti dengan tidur disofa atau dimanapun agar tidurnya tidak nyenyak sampai waktu shalat subuh dengan begitu akan memudahkan untuk bangun ketika adzan berkumandang. atau sekalian ditunggu waktu shalat sebelum tidur jika begadangnya sampai jam 4 misalnya dan memungkinkan untuk dilakukan.

5. Perbanyak minum air sebelum tidur. Dengan begitu akan memudahkan kita untuk bangun, kenapa? karena efek ingin buang air kecil. *lol*.
Nah itulah beberapa tips-tips agar mudah bangun shalat subuh, semoga bermamfaat bagi pembaca begitupun dengan saya. Amin

 

Sumber :https://miiyipyip.blogspot.com/2012/05/tips-tips-agar-mudah-bangun-shalat.html